EcoMotors OPOC, Mesin Dua langkah Masa Depan

  • Share

Mesin 2 langkah atau 2-tak merupakan mesin idaman para penggemar mesin dengan bentuk dan ukuran kompak. Mesin 2-tak memang memiliki sedikit komponen tapi tenaga yang dihasilkannyapun cukup rendah atau efisiensinya rendah. Apalagi bila dikaitkan dengan asap tebal yang keluar dari knalpotnya, dapat dipastikan mesin ini akan sangat dibenci oleh para penggiat lingkungan. Itu sebabnya secara bertahap penggunaan mesin 2-tak mulai dihapuskan dan menunggu teknologi baru agar bisa tampil sebagai mesin adalan.

EcoMotors telah merancang sebuah mesin yang dinamakan OPOC (Opposed Piston Opposed Cylinder). Mesin tersebut memiliki desain sesuai dengan namanya yaitu dengan 2 silinder dan 4 piston atau torak. Peter Hofbauer sebagai penggagasnya saat masih aktif di Volkswagen membuat sebuah mesin dengan piston bagian luar berada pada kepala silinder dan bergerak hanya setengah dari umumnya torak di mesin seukuran. Ini jelas akan menghasilkan putaran mesin lebih tinggi dari biasanya.

banner 336x280

Secara sederhana, konsep mesin berupa mesin horisontal yang dalam satu silindernya terdapat dua buah torak dengan arah gerak berlawanan. Torak-torak tersebut dihubungkan ke satu poros engkol. Dimana untuk menghidupkannya masih menganut prinsip kerja mesin 2 langkah yang dianggap kuno dan cemar. Walau pada kenyataannya dengan tekonologi baru polusi gas buang bisa ditekan mendekati standar mesin 4 langkah.

Dalam kerjanya, mesin yang memiliki pasangan torak saling bertolak belakang akan bekerja bergantian. Oleh karena itu tekanan pada rumah poros engkol atau blok mesin sangat kecil, tekanan ringan terjadi hanya pada poros engkol. Bagimana dengan prinsip 2 langkahnya? Mengambil keunggulan dari mesin 2 langkah tanpa mekanisme rumit sistem katup menjadikan kepala silinder yang rumit dan mahal. Dibanding mesin V-8, OPOC yang bertenaga sama hanya memiliki komponen 1/6-nya. OPOC bekerja hampir mendekati kualitas kerja mesin 4 langkah, tapi memerlukan rancangan saluran dan ruang bakar yang cermat serta dibutuhkan sebuah turbo berkendali elektrik.

banner 336x280
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia