Sistem Rem, Cakram atau Tromol

  • Share

Rem adalah salah satu komponen dikendaraan dan sudah sangat umum diketahui serta wajib dimiliki oleh semua kendaraan. Orang awan pun sudah sangat mengerti kegunaan dari rem yaitu untuk menghentikan atau mengurangi laju kendaraan.

Padahal bila dilihat secara teknis, rem tidak sesederhana apa yang dibayangkan. Fungsi utama rem adalah mengubah energi gerak menjadi energi panas. Transformasi ini terjadi akibat adanya gesekan antar dua permukaan, permukaan yang bergerak dan permukaan diam. Besarnya kemampuan pengereman tergantung besar-kecilnya gesekan yang terjadi, semakin besar gesekan yang terjadi semakin pakem suatu rem. Tapi tentunya tingkat kepakeman ini mempertimbangkan pula besar-kecilnya kendaraan. Semakin besar tentu perlu perangkat pengereman yang pakem untuk bisa menahan laju.

banner 336x280

Besar kecilnya gesekan pada sistem rem sangat tergantung dari luas permukaan yang saling bergesekan, tekanan antar keduanya dan bahan yang dipergunakan. Luas permukaan besar, tekanan besar dan bahan dengan kooefisien gesek besar akan menghasilkan pengereman yang kuat.

Itu dasar dalam mengembangkan sebuah sistem rem, selanjutnya dikembangkan menjadi dua sistem rem yaitu rem tromol dan cakram. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan untuk mengaktifkan sistem rem ini dikenal dua sistem yaitu sistem mekanis dan hidrolis. Apakah perbedaannya dari rem cakram dan tromol serta mekanis dan hidrolis?

banner 336x280
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia