Sistem Rem, Cakram atau Tromol

  • Share

Rem Tromol
Awal perkembangan dunia otomotif, rem tromol adalah paling popular. Selain memberikan kualitas pengereman yang sempurna, lebih mudah dibuat serta bisa dioperasikan secara mekanis. Secara teknis tromol modern dan kuno adalah sama tapi konstruksnya beda. Dimana gaya lama tromol atau drum dijepit oleh perangkat penggesek dibagian luarnya.
Tromol bisa terbuat dari silinder kayu dan berkembang bersilinder logam. Bahan penggeseknya biasa dipergunakan bahan kulit binatang yang diaktifkan lewat lengan berbahan kayu. Sistem ini sangat peka terhadap air, begitu basah rem akan menurun daya cengkramnya alias ngeblong.

Rem tromol modern dibuat dari bahan logam dengan bahan penggesek dari campuran resin, karbon, serpihan logam tembaga hingga keramik. Rem ini bisa diaktifkan secara mekanis maupun hidrolis. Rem tromol memiliki daya rem sangat besar karena memiliki permukaan gesek besar, hampir seluruh permukaan dalamnya langsung bersentuhan dengan bidang penggesek yang popular dengan sebutan sepatu rem. Dikarenakan bidang gesek yang besar, maka tekanan sedikit saja sudah memberikan pengereman besar.

banner 336x280

Itu sebabnya rem ini banyak dipakai dikendaraan berat seperti truk dan diaktifkan secara hidrolis dan mekanis untuk sistem rem parkirnya. Sistem rem tromol juga populer di sepeda motor, selain praktis dan murah, kebanyakan masih mempergunakan sistem mekanis.

banner 336x280
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia