Sistem Rem, Cakram atau Tromol

  • Share

Sistem Hidrolis
Sistem ini mengikuti teori fluida dimana tekanan yang diberikan disatu titik akan diteruskan secara merata dengan tekanan yang sama. Prinsip kerjanya, fluida atau minyak rem akan ditekan di dalam sebuah pompa berbentuk silinder. Minyak rem bertekanan selanjutnya akan diterima di master rem di roda. Akibat adanya tekanan di torak master silinder akan menekan sepatu rem.

Dengan cara ini maka tekanan di roda bisa ditingkatkan melalui penambahan diameter silinder di roda. Sebagai contoh, untuk meningkatkan tekanan 2x lebih besar cukup menambah diameternya menjadi 2x. Jadi jangan heran bila silinder utamanya kecil saja tapi silinder di roda jauh lebih besar, untuk mendapatkan gaya tekan lebih besar.

banner 336x280

Dalam penggunaannya sistem hidrolis bisa memberikan kualitas pengereman yang linier. Itu yang menyebabkan pengereman terasa sangat lembut. Bila terjadi kerusakan biasanya tidak langsung jebol tapi akan bertahap dan ini menjadi indikator agar segera dilakukan pemeriksaan.

Adanya fluida atau minyak rem yang bertugas menyalurkan tenaga, maka fulida harus diganti secara berkala. Kemungkinan terjadinya kebocoran fluida. Mengingat sifat fluida yang akan menguap bila panas maka harus dijaga/diperhitungkan agar suhu fuidanya tetap aman berada di bawah titik didihnya.

banner 336x280
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia