Sistem Rem, Cakram atau Tromol

  • Share

Untuk memperingan pijakan di pedal rem, sistem fuida bisa dibantu dengan pembantu tekanan berupa membran yang bekerja atas kevakuman di saluran masuk. Sistem ini banyak dipakai di kendaraan kecil seperti sedan dan jep. Untuk truk dan kendaraan besar lainnya, pembantu atau peringan rem biasanya diberikan dengan mempergunakan udara bertekanan dari kompresor. Dan untuk itu sistem rem menjadi sangat rumit.

Truk atau bus yang ada saat ini sudah meninggalkan sistem rem dengan 100% udara bertekanan atau rem angin karena sering terjadi blong. Truk besar saat ini mempergunakan sistem kombinasi hidrolis, pneumatik dengan kerja terbalik. Yang dimaksud kerja terbalik, rem akan aktif bila dikurangi tekanan anginnya dan akan lepas bila tekanan meningkat. Ini mengurangi kemungkinan terjadinya rem blong.

banner 336x280

Untuk penggunaan rem cakram, bisa dikatakan sudah 100% mempergunakan system hidrolis. Tak terkecuali di motor. Ini dikarenakan mudah dalam penempatan perangkat rem serta mudah untuk mengandakan kekuatan sesuai keperluan.

banner 336x280
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia