Bioplastik, Ford Mencoba Tomat Menjadi Plastik

  • Share

Ford mencoba bermitra dengan perusahaan H.J. Heinz Company, yang terkenal dengan produk kecapnya, untuk melakukan penelitian kemungkinan membuat bioplastik dari tomat. Ini dimaksudkan agar bisa memanfaatkan bahan alam yang terbarukan di luar minyak bumi.

Lebih spesifik, Heinz bisa menyediakan kulit tomat dalam jumlah melimpah sebagai limbah dari proses produksi di pabriknya. Dimana Ford ingin mempergunakan bahan yang belum dijamah ini sebagai salah satu elemen dalam mobil masa depannya. Bahan ini diharapkan bisa dipergunakan sebagai bahan dudukan kabel, laci untuk menyimpan koin atapun bagian kecil lainnya di mobil.

banner 336x280

Tentunya, walau mempergunakan bahan tomat setiap komponen yang dihasilkan tidak harus berwarna merah tomat atau memiliki aroma saus tomat.

Saat ini, Heinz sendiri mempergunakan sekitar 2 juta ton tomat setiap tahunnya. Ini sangat potensial untuk dimanfaatkan. Jika Ford berhasil mengembangkannya, maka akan mengurangi ketergantungan pada minyak bumi, dan semua orang mengerti bahwa cadangannya akan habis, selain itu juga bisa menurunkan efek rumah kaca akibat emisi gas buang.

banner 336x280
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia