Honda Listrik, Mengembangkan Pengisian Tanpa kabel

  • Share

Teknologi terbaru untuk kendaraan bertenaga listrik terus dikembangkan setelah masalah baterai bisa ditanggulangi dengan teknologi karbon-karbon. Kini tinggal memikirkan bagaimana pengisian bisa dilakukan semudah dan secepat mungkin.

Proses pengisian terkadang cukup rumit, begitu mobil masuk garasi pengisian bisa dilakukan dengan menyambungkan kabel listrik rumah ke mobil. Karena terburu-buru terkadang lupa untuk melakukan pengisian. Agar kejadian ini bisa dihilangkan, para pembuat mobil terus melakukan penelitian dan pengembangan sistem pengisian nirkabel. Dan Honda sudah memperlihatkan hasilnya.

banner 336x280

Kendati konsep itu sudah ditemukan oleh Nikola Tesla pada 1891, sekarang tinggal bagaimana mewujudkan teknologi tersebut. Memang sepertinya masih sebuah hayalan karena teknologinya terlihat masih sangat jauh untuk bisa diterapkan. Tapi sebenarnya tidak, pengisian nirkabel bisa dilakukan lewat induksi. Kumparan induksi yang menghasilkan medan magnetik bolak-balik akan ditangkap oleh kumparan lain yang ada di mobil. Hasil tangkapan tersebut kemudian diubah menjadi listrik dan disimpan di baterai.

Honda menerapkan sistem tersebut dalam sebuah rumah pintar sebagai ujicobanya.  Sistem ini dikembangkan bersama dengan WiTricity Corp yang mempergunakan resonansi magnetik pada frekuensi tertentu untuk menyalurkan energi. Ini bisa berjalan bila dua koil yang dipergunakan berada saling berhadapan satu dengan lainnya.

banner 336x280
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia