Cummins Diesel T2B2, Untuk Menggantikan Mesin Bensin V8

  • Share

Bila kita mencari mesin bertenaga besar, torsinya juga besar itu bisa didapat dari mesin V8 atau mesin Diesel.  Sebagai solusinya sebagian besar orang pasti akan memilih mesin V8. Sangat beralasan karena mesin Diesel  sangat terkenal dengan getarannya.  Saat ini Cummins melalui T2B2 mencoba menghalau kesan jelek dari mesin Diesel dan mencoba mengalihkanya.

Sekarang sering orang tidak menyangka kalau di dalam ruang mesin mobilnya terdapat mesin Diesel.  Mesin Diesel modern bersuara lebih halus, lebih irit dan menghasilkan torsi besar serta bisa berputar lebih cepat.

banner 336x280

Cummins T2B2 (Tier 2, Bien 2) membuka sejarah baru, sejak 2011 perushaan ini mulai membuat mesin Diesel kecil yang lebih efisien dengan bantuan dari Department od Enegy, Amerika juga Nissan dan Johnson Matthey untuk memenuhi kebutuhan mesin Diesel kecil sebanyak 30 juta unit. Dan menurut Cummins, dimasa datang mesin seperti ini adalah yang banyak dicari.

Mesin dengan kapasitas 2,8 liter yang ada saat ini dilaporkan memiliki tenaga sama dengan mesin bensin V8 yang umum dipergunakan pada truk ringan, tapi juga mesin baru ini 40% lebih irit dan rendah emisi.

Untuk lebih baik, Cummins mempergunakan aluminium dimesinnya, desain kompak, torak dari baja ringan yang rendah gesekan tapi bisa menghasilkan kompresi tinggi, EGR bertekanan rendah, katalis dari Johnson Matthey Cold Start Concept (CSC) serta program LTD dan LDECC untuk membantu penyempurnaan dalam proses pembakaran di mesin.

Mesin Cummins terbaru berkapasitas 2,8 liter memiliki bobot hanya 164kg, bila dengan perangkat kontrol emisi (ECS, Emission Contyrol System) beratnya bertambah 69kg. Dan mesin ini sekarang siap untuk dipergunakan di jalan raya.

banner 336x280
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia