BMW i8s Kembangkan Pengisian EV Wireless

  • Share

 BMW membuat pengisian mobil listrik (EV) menjadi lebih mudah untuk dilakukan sendiri oleh pemiliknya. Pabrikan mobil ini mengembangkan sistem pengisian berteknologi nirkabel bekerjasama dengan Daimler. Dengan teknologi nirkabel baterai BMW i8s terisi penuh dalam dua jam.

Dengan teknologi baru ini pihak BMW mengatakan, pemilik EV hanya perlu memposisikan mobilnya di atas landasan yang tertanam di lantai. Bagian utama landasan ini akan memindahkan energi listrik sebesar 3,6kW melalui medan magnet bolak-balik. Caranya, satu kumparan ada di mobil dan satu lagi di landasan yang ditanam akan mampu melakukan perpindahan listrik. Cara kerjanya mirip dengan cara kerja transfomer atau trafo listrik. Koneksi kedua sistem ini dilakukan via Wi-Fi dimana proses pengisian bisa dilakukan lewat tombol di mobil.

banner 336x280

BMW menyatakan kalau teknologi ini bisa mengurangi kerumitan di mobil listrik serta baterainya. Sistem mampu memindahkan daya listrik hingga lebih dari 7kW, bila diperlukan.

Dimana BMW sebetulnya bukan satu-satunya yang menggali teknologi pengisian nirkabel. Nissan dan Toyota, keduanya mengembangkan sistem yang sama. Dan menurut kabar, sistem yang mereka kembangkan akan dipergunakan di Inggris pada masa kedepan.

BMW sendiri belum menentukan untuk memasarkan teknologi ini, tergantung dari jumlah mobil listriknya yang dijual di Inggris.  Sebagai gambaran, terakhir mobil dengan bahan bakar alternatif pasarnya naik 50% dalam enam bulan terakhir di 2014.  Dengan itu paling tidak teknologi ini sudah bisa dipergunakan pada akhir dekade ini.

banner 336x280
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia