Nissan LEAF, Mobil Dengan Emisi Nol dan Bodi Bersih

  • Share

Apa yang akan didapat bila sebuah mobil terlaris menggabungkan emisi nol dengan teknologi pengecatan inovatif  yang mampu mengusir lumpur, air hujan dan apapun yang membuatnya kotor? Jawabannya adalah mobil yang sangat spesial yaitu mobil listrik Nissan LEAF yang merupakan mobil terbersih di dunia.

Sesuatu yang sangat mungkin untuk dipergunakan pada produksi mobil dimasa mendatang, bagian luar Nissan LEAF telah diberi perlakuan teknis khusus berupa pelapisan cat superhydrophobic dan oleophobic yang dirancang mampu mengusir air dan minyak.

banner 336x280

Pembersihan sendiri atau dinamakan Ultra-Ever Dry, merupakan lapisan pelindung antara cat dan lingkungan. Lapisan ini efektif melepaskan air dan kotoran dari jalan yang menyebabkan mobil kusam pada permukaan bodi LEAF. Nissan adalah satu-satunya dan yang pertama mempergunakan teknologi ini di mobil.

Bahan pelapis ini dipasarkan oleh UltraTech International Inc., yang telah berhasil lolos uji di Nissan Technical Center Europe. Sejauh ini, apa yang telah dilakukan berhasil mengusir air hujan, percikan kotoran, es dan salju serta semburan air.
Walau demikian Nissan belum berencana untuk mempergunakannya sebagai kelengkapan standar diproduknya.  Nissan akan menjadikan pelapisan ini sebagai opsi dimobil-mobil mendatang. Untuk pasar Amerika Utara, fitur cat ini dilapiskan pada LEAF bercat putih.

“Ini mobil 100% elektrik yang memiliki bagian luar berpelapis cat berteknologi tinggi,” kata Pierre Loing, Vice President, Product Planning, Nissan North America., Inc.  “Ini adalah LEAF yang tidak perlu mampir ke stasiun pengisian bahan bakar juga tak perlu dicuci.”

“Tidak ada masalah bila kotoran terlempar dari jalan, LEAF dengan Ultra-Ever Dry akan melemparkan kembali kotorannya,” kata UltraTech International Inc, Chief Executive Officer Mark Shaw.  Shaw mengatakan, keuntungan dari teknologi superhydrophobic adalah bagaimana kita membuatkan payung udara pada permukaan mobil.

banner 336x280
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia