Global EV, Siap Untuk Melakukan Perpindahan Gigi

  • Share

Kita sebagai pengguna kendaraan sering bertanya kenapa harus mempergunakan gear-box. Ini disebabkan karena mesin dengan pembakaran dalam paling hanya bisa berputar hingga 8.000rpm. Hal lain, mesin menghasilkan tenaga dan torsi maksimum hanya ada disatu tingkat putaran saja, terfokus pada rentang putaran yang tidak begitu lebar. Lain halnya dengan motor listrik yang bisa berputar hingga 20.000rpm dan torsi maksimum bisa didapatkan pada semua rentang putaran.

Tapi banyak pula yang tidak mempunyai perangkat gigi. Dimana mobil hybrid kebanyakan mempergunakan transmisi otomatis agar mudah membuat harmonis motor listrik dengan mesin bensinnya. Dan sekarang sudah banyak mobil yang bertenaga listrik atau EV.

banner 336x280

Bosch pembuat komponen ternama dari Jerman percaya bahwa penggunaan rasio transmisi akan membuat kerja motor listrik lebih efisien. Lebih lagi dengan terjualnya sekitar 2,5 juta EV hingga penghujung 2020. Kami harus bisa menghapuskan kesalahpahaman tentang sistem transmisi dan akan segera mewujudkannya sistem baru untuk EV.

Hal menguntungkan dengan adanya transmisi ada pada sistem rem regeneratif. Gear-box yang bertautan dengan roda yang sedang berputar pelan serta motor listrik, saat proses pengereman roda akan memutarkan motor listrik, putaran bisa terjaga cukup tinggi hinga bisa dihasilkan lebih banyak energi listrik.

Apapun yang diterapkan, bukan tidak mungkin nantinya Nissan Leaf memiliki gear-box otomatis dengan presisi tinggi dari Bosch. Tapi sangat berbeda dengan sistem otomatis atau transmisi yang ada saat ini, pengendara tidak perlu mengendalikan atau mengubah posisi giginya, secara otomatis berpindah saat dilakukan pengereman untuk terjadinya engine braking yang akan menghasilkan energi listrik.
Foto : ctformacion

banner 336x280
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia