Fungsi Turunan Dari Teknologi ABS

Anti-lock brake (ABS) sebuah teknologi yang sudah sangat umum dipergunakan di kendaraan kecil maupun besar. ABS yang awalnya dikembangkan di pesawat terbang untuk meminimalkan roda tergelincir saat pengereman, kini sudah dikembangkan dalam fungsi-fungsi turunannya.

banner 336x280

ABS untuk pesawat terbang yang awalnya tergolong canggih kini tertinggal dengan ABS di mobil.  Ini dikarenakan adanya perbedaan, pesawat melakukan pengereman di trek lurus sedang mobil atau motor terkadang harus melakukan pengereman saat posisi berbelok atau saat berakselerasi. 

Maka hadirlah teknologi turunan ABS yang dikenal sebagai pengendali kestabilan elektronik (ESC).  Sistem pengendali kestabilan dalam kerjanya memerlukan minimum tambahan dua buah sensor  yaitu sensor sudut putar roda kemudi dan sensor giroskopik untuk melihat arah mobil.

Electronic Stability Control (ESC) bertugas mengarahkan mobil sesuai keinginan pengendaranya berdasarkan info dari sensor roda kemudi. Mudahnya adalah, saat sensor giroskopik mendeteksi bahwa arah kendaraan tidak sesuai dengan info posisi sensor kemudi maka ESC akan melakukan pengereman pada salah satu roda sesuai kebutuhan untuk mengarahkan laju kendaraan sesuai keinginan pengendaranya. 

Eelctronic Brakeforce Distribution (EBD), salah satu turunan ABS yang akan mengatur kekuatan pengereman roda depan dan belakang bila ternyata terjadi perbedaan kecepatan putaran. 

Cornering Brake Control (CBC), saat berbelok sensor kemudi akan mengonformasikan ke ABS dimana roda yang berada di bagian dalam arah putar agar diberi pengereman yang lebih pakem dibanding roda bagian luar.  Mobil akan lebih lincah saat berbelok dan terasa lebih stabil.

Traction Control System (TCS), saat akselerasi, selip pada roda akan berakibat berkurang atau hilangnya traksi, memperlambat laju dan akselerasi.   ABS akan melakukan pengereman hingga traksi yang diinginkanbisa kembali didapat.  Dalam perkembangnya, ABS tidak bekerja sendiri tapi sudah dikaitkan dengan pengendali pada bukaan katup gas untuk mengatur keluaran tenaga mesin.

banner 336x280
Hosting Unlimited Indonesia
Cloud Hosting Indonesia