Combi Brake System (CBS) di Motor Skuter

  • Share

CBS memang bukan teknologi baru, namun belum semua motor dalam sistem pengeremannya menggunakan teknologi ini. Honda yang pertama menggunakan teknologi ini pada motor Skuternya yaitu Vario Tecno CBS, dan belakangan ini teknologi tersebut di cangkokan pada salah satu model Skuter versi terbaru yaitu BEAT FI ABS.

Apa sih CBS itu, dan seperti apa cara kerjanya? CBS adalah system pengereman dimana kita dapat melakukan pengereman terhadap dua ban sekaligus hanya dengan menekan satu tuas rem, biasanya tuas rem sebelah kiri yakni rem untuk ban belakang. Dengan kata lain ketika kita menarik tuas rem sebelah kiri, maka kedua rem depan dan belakang ikut ketarik.

banner 336x280

Dengan fitur ini pengereman akan lebih sempurna dan stabil, apalagi biasanya pengendara Skuter adalah perempuan yang kurang mempunyai skill riding yang cukup dan memahami teknik pengereman yang tepat, sistem ini akan sangat membantu dalam posisi pengeraman. Tapi jangan lupa selalu cek kondisi kampas remnya, dan pastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Motor yang disertai dengan fitur CBS harganya lebih mahal daripada yang biasa. Sebagai contoh harga BEAT FI biasa Rp. 13.500.000 sedangkan untuk BEAT FI CBS Rp. 14.390.000, perbedaannya adalah Rp.890.000 pada price list salah satu deler HONDA. Tapi tergantung masing-masing deler rata-rata perbedaannya diantara Rp.500.000-Rp.1.000.000.

banner 336x280
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia