Teknologi Digital Twin Spark-ignition (DTS-i)

  • Share

Teknologi DTS-i (Digital Twin Spark-ignition) adalah teknologi pada engine dimana sistem pembakarannya menggunakan Dua Busi (DTS) dan diatur oleh CDI Digital (ignition).

Letak dua busi tersebut berada di atas kepala silinder posisinya berlawanan (pada engine konvensional hanya ada satu). Dengan membangkitkan dua busi pada tiap ujung dari ruang pembakaran, (sekitar 90 derajat terhadap sumbu katup) campuran udara dan bahan bakar terbakar dengan dipicu oleh Dua percikan api yang dihasilkan oleh kedua Busi tersebut, sehingga proses pembakaran dalam ruang bakar akan berlangsung lebih cepat. Cepatnya pembakaran mengakibatkan cepatnya peningkatan tekanan. Hasilnya yang pasti adalah torsi yang lebih besar, efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan emisi yang lebih rendah dibandingkan dengan sistem pembakaran dengan menggunakan busi tunggal.

banner 336x280

Di kelas sepeda motor, teknologi DTS-i pertama kali diperkenalkan oleh BAJAJ dan ditanamkan pada varian produknya yaitu BAJAJ Pulsar.
Dari hasil pengembangan, berikut beberapa varian teknologi DTS :

DTS-i (Digital Twin Spark Ignition)
Teknologi DTS pada dasarnya, yaitu pembakaran dengan 2 busi yang di atur secara digital.

DTS-Si (Digital Twin Spark Swirl Induction)
Varian Teknologi DTS di mana sistem pengisian dan pencampuran bahan bakar di ruang bakar mesin dibuat agar bercampur secara berputar (Swirl) hingga pencampuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar lebih sempurna, guna meningkatkan efisiensi bahan bakar.

DTS-Fi (Digital Twin Spark Fuel Injection)
Varian Teknologi DTS di mana sistem asupan bahan bakar pada ruang bakar mesin menggunakan sistem injeksi, guna meningkatkan tenaga pada mesin.

banner 336x280
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia