BMW ABS Pro, Memberikan Kestabilan Sempurna Saat Belok

  • Share

BMW Motorrad telah memberitakan dan memperkenalkan perangkat baru kelas premium yang dinamakan ABS Pro, untuk meningkatkan keamanan ke tingkat yang lebih baik. ABS pro yang baru-baru saja diperkenalkan memungkinkan melakukan kendali dengan adanya getaran pada rem saat berbelok, menghasilkan kinerja yang baik saat kondisi ekstrim sekalipun.

ABS Pro akan menjaga agar roda belakang dari kemungkinan terkunci walaupun saat dilakukan pengeraman dengan cepat dan kuat. Besarnya variasi gaya akibat perubahan arah akan menyebabkan roda belakang cenderung bergetar, dengan ABS Pro getaran naik turunnya bisa dikurangi. Menurut BMW, motor jadi lebih mudah dikendalikan, bisa meluncur halus walau saat menikung tajam.

banner 336x280

BMW menjelaskan prinsip kerja dibalik ABS Pro, yaitu ABS akan mengendalikan kemiringan motor dan berbagai kemungkinan saat motor di pacu. Dasarnya adalah, ABS Pro akan membaca beberapa sensor dan memberikan sederet data kepada Dynamic Traction Control dan kepada sistem suspensi melalui Dynamic Damping Control. Kemungkinan motor terguncang dan terguling bisa dikurangi oleh respon dari pulsa yang diberikan oleh  sistem rem.

“Saat kemiringan motor bertambah, tingkat kekuatan pengereman akan dibatasi secara bertahap berawal saat motor mulai bermanuver. Ini berarti tekanan pada rem mengalir perlahan, secara bertahap. Tambahannya lagi, terjadi tekanan bermodulasi (berupa getaran atau pulsa) yang dikendalikan oleh sistem ABS. Keuntungan dari ABS Pro, pengendara akan mendapatkan respon yang baik saat berbelok sekaliguas dapat melakukan pengereman, didapat dua keuntungan sekaligus yaitu pengereman dan kendali kestabilan dari motornya,” jelas BMW Motorrad.

ABS Pro yang dipergunakan di HP4 hanya berfungsi pada mode Rain dan Sport. Race dan Slick mode adalah mode sport untuk dipergunakan di arena balap yang tentunya memerlukan keahlian dari pengendaranya, saat itu ABS tidak diperlukan. BMW Motorrad mengingatkan bahwa ABS Pro dalam penggunaanya perlu terlebih dulu melakukan pengenalan atau penyesuaian antara pengendara, motor dan kondis jalan, walau sistem ini dikembangkan dari teknologi balap.

Saat ini ABS Pro baru akan dipasarkan untuk HP4 atau S1000RR versi superbike. Sistem tersedia pula dalam retrofit yang akan mulai dipasarkan pada Oktober nanti dengan harga $5113.

banner 336x280
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia