Techno  

Meski diminati, Ini Kekurangan Penggunaan LED

Harga awal: LED saat ini sedikit lebih mahal (harga per lumen) dengan biaya modal awal, daripada teknologi pencahayaan lainnya.

banner 336x280

Ketergantungan suhu: Kinerja LED sangat bergantung pada suhu lingkungan sekitar. Overdriving LED pada suhu lingkungan yang tinggi dapat menyebabkan overheating, yang akhirnya menyebabkan kegagalan perangkat. Diperlukan heat sink (pendingin) yang memadai untuk mempertahankan umur pakai.  Hal ini penting dalam penggunaan di dunia otomotif, medis, dan militer dimana perangkat harus beroperasi pada berbagai suhu, juga memerlukan tingkat kegagalan rendah. Toshiba telah memproduksi LED dengan rentang suhu operasi -40 sampai 100 C, sesuai untuk pemakaian indoor dan outdoor dalam aplikasi seperti lampu langit-langit, lampu jalan, dan lampu sorot.

Sensitivitas tegangan: LED harus disuplai dengan tegangan di atas tegangan ambang dan arus listriknya harus di bawah batas yang diizinkan. 

Warna rendition: Sebagian besar LED putih sejuk memiliki spektrum yang berbeda secara signifikan bila dilihat dari pantulan  pada obyek hitam yang diberikan lampu pijar biasa maupun sinar matahari.

Area sumber cahaya: LED tunggal tidak seperti sumber titik cahaya yang memberi distribusi cahaya bulat, namun merupakan distribusi lambertian.  Jadi LED sulit diterapkan pada penggunaan yang membutuhkan medan cahaya sferis (pencahayaan kesemua arah).   Namun, berbagai bidang cahaya dapat dimanipulasi dengan penerapan berbagai optik atau “lensa”.  

Polaritas listrik: Tidak seperti bola lampu pijarLED hanya menyala dengan polaritas listrik yang benar. Untuk mencocokkan polaritas sumber secara otomatis ke perangkat LED, penyearah dapat digunakan.

Bahaya biru: Ada kekhawatiran bahwa LED biru dan LED putih sejuk cahayanay mampu melampaui batas aman dari bahaya paparan cahaya biru yang didefinisikan dalam spesifikasi keselamatan mata seperti ANSI / IESNA RP-27.1-05: Rekomendasi Untuk Keselamatan Photobiologi untuk Sistem Lampu dan Lampu.

Polusi cahaya: Karena LED putih, terutama yang memiliki suhu warna tinggi, memancarkan cahaya dengan panjang gelombang jauh lebih pendek daripada sumber cahaya outdoor konvensional seperti lampu uap natrium bertekanan tinggi, peningkatan sensitivitas citra berwarna biru dan hijau dari penglihatan scotopic berarti LED putih digunakan di luar ruangan.

American Medical Association memperingatkan tentang penggunaan LED putih dengan kadar biru tinggi dalam penerangan jalan, karena dampaknya yang lebih tinggi pada kesehatan dan lingkungan manusia, dibandingkan dengan sumber cahaya biru rendah, misalnya Sodium Tekanan Tinggi.

Penurunan efisiensi: Efisiensi LED berkurang saat arus listrik meningkat. Pemanasan dengan arus yang lebih tinggi menurunkan masa pakai LED.

Dampak pada serangga: LED jauh lebih menarik bagi serangga daripada lampu uap  sodium, sehingga ada kekhawatiran spekulatif tentang kemungkinan gangguan pada rantai makanan.

banner 336x280
Hosting Unlimited Indonesia
Cloud Hosting Indonesia